Kamis, 18 April 2013

Tugas Dasar Pemasaran



Toko Buah


Toko buah merupakan salah satu unit usaha yang cukup menjanjikan. Usaha ini memiliki pasar yang sangat luas karena semua orang membutuhkan produk yang dijualnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sering mengkonsumsi buah. Buah yang dijual di toko ini pun sangat lengkap dan beragam. Mulai dari produk kualitas rendah sampai kualitas tinggi. Buah yang sering dibeli adalah buah jeruk karena buah ini hampir setiap saat ada tidak seperti buah lain (mangga, manggis, salak, dll) yang hanya ada pada musim tertentu. Dalam proses pembelian konsumen, yang terlibat maupun yang harus diperhatikan, yaitu :

1.            Yang memiliki ide
            Biasanya yang memiliki ide untuk membeli buah dalam suatu keluarga adalah ibu rumah tangga karena ibu yang selalu menyediakan berbagai kebutuhan seperti buah.

2.            Yang membutuhkan produk
             Buah, dibutuhkan oleh semua orang mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

3.            Yang memutuskan pembelian
               Memutuskan membeli buah dalam hal jenis dan kuantitas biasanya ibu.

4.            Yang memiliki uang
              Sebagian besar yang memiliki uang untuk membeli produk yaitu ayah, sebagai kepala rumah tangga.

5.            Yang melakukan pembelian
          Dalam hal pembelian buah, ibu memiliki peran penting karena biasanya yang bisa memilih buah adalah ibu, bukan ayah.

6.            Yang menggunakan
           Karena buah merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh semua orang maka yang menggunakannya pun semua orang.

Dengan demikian, maka unit usaha yang bergerak di bidang buah-buahan merupakan unit usaha yang menguntungkan karena usaha ini menjual produk yang dibutuhkan semua orang dan dikonsumsi setiap hari. Unit usaha ini juga dapat fokus menjual produknya di berbagai pasar (konsumen).


Nama   : Mitha Filandari
NPM    :  24212612
Kelas   : 1EB24

Tidak ada komentar: