Pemasaran
1.
Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pengertian Pasar :
Kelompok
individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap
barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
Pengertian Pemasaran :
Kegiatan
pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pengertian pasar secara khusus
1. Sebagai sarana
distribusi
Dengan
adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak
langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.
2. Sebagai
pembentuk harga
Di
pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah
harga.
3. Sebagai sarana
promosi
Dengan
berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen
sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Dibawah ini pengertian
dari beberapa ahli pemasaran :
1.
Wiiliam J Stanton
Pemasaran adalah keseluruhan intern yang berhubungan
dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan
kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
2.
Philip dan Duncan
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau
diperlukan untuk menempatkan barang-barang berujud kepada konsumen.
3.
American Marketing Association
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga
yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.
2.
Jenis-jenis
Pasar
Berdasarkan ukuran luas geografis, dibedakan menjadi :
· Pasar Lokal
Yang
dimaksud pasar lokal adalah pertemuan penawaran dan permintaan akan barang dan
jasa sebatas daerah setempat. Produk yang ada di pasar umumnya sangat terbatas
dan untuk memenuhi kebutuhan lokal.
·
Pasar Regional
Yang
dimaksud pasar regional adalah penawaran dan permintaan akan barang dan jasa
dimana produk yang ada di pasar untuk memenuhi kebutuhan daerah/wilayah
regional. Sebagai contoh permintaan dan penawaran tepung sagu sebagai makanan
pokok sebagian besar terdapat pada daerah Maluku.Oleh sebab itu pasar regional
sagu terdapat di wilayah Maluku dan sekitarnya.
· Pasar
Internasional
Pasar
internasional atau pasar dunia adalah permintaan dan penawaran berbagai produk
dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain.
Contoh Indonesia menghasilkan rempah-rempah, minyak, ukir- ukiran dan banyak
ditawarkan ke negara lain. Sebaliknya Indonesia banyak membeli barang
elektronik dan mesin-mesin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Berdasarkan ukuran waktu, dibedakan menjadi :
· Pasar Harian
Pada
pasar jenis ini, keseimbangan antara permintaan dan penawaran bersifat
sementara dan jangka pendek, sehingga jumlah barang yang tersedia sedikit dan
terbatas pada hari itu saja.Pada pasar ini tidak ada kesempatan untuk
memperbanyak jumlah barang di pasar.
· Pasar Jangka
Pendek (short run market)
Dalam
pasar ini terdapat kesempatan untuk memperbesar jumlah barang yang
diperdagangkan.Akan tetapi hanya sebatas faktor produksi yang tersedia.
· Pasar Jangka
Panjang (long run market)
Pada
pasar jangka panjang perusahaan dapat menghadapi penambahan permintaan karena
dapat mengubah produksinya dengan mengubah jumlah alat produksi untuk memenuhi
permintaan pasar.
Berdasarkan kegiatannya, dibedakan menjadi :
· Pasar Barang
Yang
dimaksud pasar barang adalah tempat pertemuan permintaan dan penawaran
barang.Dengan berkembangnya jumlah penduduk dan alat pemuas kebutuhan maka
pasar barang menjadi sangat beragam, misalnya pasar buah, pasar sayuran, pasar
buku, pasar barang elektronik dan sebagainya.
· Pasar Tenaga
Yang
dimaksud pasar tenaga adalah permintaan dan penawaran tenaga kerja.Seperti
diketahui permintaan tenaga kerja Indonesia ke Timur Tengah sangat tinggi,
sehingga banyak perusahaan yang bergerak dalam penyaluran tenaga kerja luar
negeri.Transaksi antara penyalur tenaga kerja di Indonesia dengan perusahaan
penyalur tenaga kerja di Timur tengah adalah pasar tenaga kerja.
· Pasar Nyata
Adalah
pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh
pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
· Pasar Abstrak
Adalah
pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan
tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya
saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
3.
Konsep-konsep
Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi kebutuhan, keinginan,
permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan
hubungan pasar, pemasaran dan pasar.Kita dapat membedakan antara kebutuhan,
keinginan dan permintaan.Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan
kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang
spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang
spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar
pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu :
1. Konsep Produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai
produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi
pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk
tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi
barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang
tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2. Konsep Produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk
yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen
disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai
produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri–ciri terbaik.
3. Konsep Penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan
begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang
agresif.
4. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan
organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta
memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien
dibandingkan para pesaing.
5. Konsep Pemasaran
Sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi
adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta
memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien
daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya
memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui
manajemen strategis yang mantap.tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi
keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
4.
Manajemen
Pemasaran
Penanganan proses pertukaran memerlukan waktu dan keahlian
yang banyak. Manajemen pemasaran akan terjadi apabila sekurang-kurangnya satu
pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan
dari pihak lain sesuai dengan yang diinginkannya. Dengan demikian, manajemen
pemasaran dapat diartikan :
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan
organisasi (Kotler, 1997).
Definisi ini mengakui bahwa manajemen pemasaran adalah proses
yang melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang
mencakup barang, jasa dan gagasan yang tergantung pada pertukaran dengan tujuan
menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terkait.
Manajemen pemasaran dapat diterapkan pada semua bidang
usaha.Dalam manajemen terdapat fungsi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan
atau penerapan serta pengawasan.Tahap perencanan merupakan tahap yang
menentukan terhadap kelangsungan dan kesuksesan suatu organisasi pemasaran.
Proses perencanaan merupakan satu proses yang selalu memandang ke depan atau
pada kemungkinan masa akan datang termasuk dalam pengembangan program,
kebijakan dan prosedur untuk mencapai tujuan pemasaran.
5.
Bauran
Pemasaran
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah kombinasi dari
empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran
perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem
distribusi.
Produk
merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan,
diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan
atau keinginan pasar yang bersangkutan.
Harga
merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya
suatu produk leh konsumen.
Distribusi
merupakan masalah lain yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai
diproses.
Promosi
merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara
aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli
produk yang ditawarkan.
6.
Tujuan
Sistem Pemasaran
Secara umum, tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
a.
Memaksimumkan konsumsi
b.
Memaksimumkan pilihan
c.
Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
d.
Memaksimumkan mutu (kualitas) hidup
7. Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
1. Pendekatan Seba
Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :pembelian,
pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko,
standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
2. Pendekatan Serba
Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam
pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang.
3. Pendekatan Serba
barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke
konsumen akhir atau konsumen industri.
4. Pendekatan Serba
Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
5. Pendekatan Serba
Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran
termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Sumber :
Dasar Pemasaran (Digital Book of Gunadarma 2012)
Pengantar Bisnis (Digital Book of Gunadarma 2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar